Senin, 26 Mei 2014

Cara Hitung Usia Kehamilan

Kantor 26 Mei 2014
14:49 wib

Hari ini mau buat hitung-hitungan tentang prediksi dan cara hitung usia kehamilan, supaya bisa bersiap dan tau apa aja yang boleh, dan gak boleh di lakukan saat hamil dan saat usia kandungannya berjalan...
oke deh, refrensi yang pertama adalah dengan cara perhitungan yang paling sederhana adalah dengan menghitung Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) .
caranya adalah sebagai berikut :

Cara ini bisa di gunakan biasanya pada ibu hamil yang memiliki siklus menstruasi normal dan teratur (28-30 hari ), untuk taksiran usia kehamilan berdasarkan HPHT dapat menggunakan rumus Neagele, selain dapat menghitung usia kehamilan, rumus ini juga dapat di gunahakan untuk menghitung Hari Perkiraan  Lahir (HPL). Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan ( 7 ) pada tanggal pertama dari hari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan  dengan  (3) dan menambahkan (1) pada tahun. Untuk bulan yang tidak bisa di kurang (3) exp: Januari, February, Maret. Maka bulannya di tambah (9), Namun tahunnya tidak di tambah atau di kurangi. berikut ini adalah conto perhitungan untuk usia kandungan saya  :)

Contoh :
JIka HPHT anda adalah 15 April 2014, maka "
15 - 04 - 2014
+      -        +
7       3      1
22 - 1 - 2015 (ini adalah tanggal HPL)

Jadi Taksiran waktu kelahiran adalah tanggal 22 Januari 2015, sedangkan untuk usia kehamilan di hitung setiap tanggal 22, jadi pada tanggal 22 Mei  usia kehamilan saya menginjak satu bulan, 22 Juni usia kehamilan 2 bulan......dst.
Untuk HARI PERKIRAAN LAHIR sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari.

Sumber: http://ibuhamil.com/diskusi-umum/62728-info-cara-menghitung-usia-kehamilan.html#ixzz32o3JkXFk


berikutnya ada penghitungan yang lebih oke lagi nie, pake program komputer, pas lagi cari-cari, ketemu deh dengan site ini :
Sumber: http://ash-shiddiqagencyselayar.blogspot.com/2012/09/kalkulator-menghitung-usia-kehamilan.html

Perhitungan Menggunakan Program
Wah... ternyata sama ya... perkiraan harinya... tapi perhitungan dengan komputer ini lebih memudahkan karena tertera juga perkiraan usia janin'y,,, heheee....
klo yang berikut ini lebih memberi pencerahan nie... karena ada pengetahuan tentang berat badan rata-rata  janinnya, tambahan rata-rata berat badan ibu hamilnya, serta tinggi badan rata-rata janinnya :



maaf ya, klo semua contohnya adalah perhitungan kehamilan saya, karena sekalian post blog sekalian jadi catatan harian saya,,,heheee.... selamat menghitung-hitung ya...

1 komentar:

  1. Thank you for the information
    http://yvc-i-gc012.blogspot.co.id/

    BalasHapus